07 Oktober 2017

CARA TEPAT MERAWAT MOBIL DARI CARA MENCUCI

Cara Tepat Merawat Mobil dari Cara Mencuci - Saat ini mobil adalah salah satu kendaraan yang menjadi kebutuhan banyak orang, bukan hanya kalangan menengah ke atas saja bahkan kalangan menengah ke bawah pun sudah menjadikan mobil menjadi kebutuhan. Hal tersebut bukanlah hanya untuk memenuhi gaya hidup, sekarang kebanyakan orang telah memposisikan kendaraan beroda 4 ini dengan berbagai macam maksud dan tujuan yang berbeda-beda, mulai dari kebutuhan untuk hanya sekedar pemakaian pribadi sampai untuk keperluan komersil yaitu membeli mobil dengan tujuan untuk dapat dijadikan mesin penghasil uang (digunakan untuk usaha).


Tips Tepat Merawat Mobil dari Cara Mencucinya


Ketika kita memiliki kendaraan, secara otomatis kita juga dituntut untuk bisa dan faham bagaimana cara merawatnya dengan baik. Entah itu menyerahkan seluruhnya ke pihak ketiga tanpa harus melakukannya sendiri sedikitpun, dari mulai melakukan hal terkecil sampai yang terbesar, maksudnya kita cukup mengeluarkan uang saja untuk setiap perawatan dan pemeliharaan kendaraan tersebut dari hal yang terkecil sampai terbesar, atau juga dengan sekali-kali kita sendiri yang turun tangan untuk perawatan yang kecil yang sekiranya kita masih sanggup untuk melakukannya sendiri, seperti misalnya hanya sekedar mengecek tekanan angin ban, kadar oli, cadangan air wiper, membersihkan bagian dalam mobil dan mencuci mobil serta hal-hal kecil lainnya yang sekiranya bisa kita lakukan sendiri.


Cara Tepat Merawat Mobil dari Cara mencuci


Kali ini OTOABHE akan berikan sedikit tips cara yang tepat merawat mobil dari cara mencucinya. Selain melakukan perawatan mesin dan yang lainnya, mencuci dan membersihkan mobil dengan cara yang tepat juga merupakan salah satu perawatan yang terpenting yang perlu dilakukan untuk menjaga kendaraan agar tetap terawat dengan baik.


A. Jangan Biarkan Kendaraan dalam Keadaan Kotor



Jangan Sampai Dibiarkan Berhari-hari


Kotoran baik pada bagian dalam maupun luar kendaraan jangan sampai dibiarkan terlalu lama, di bagian dalam kendaraan apabila terdapat kotor seperti bekas tumpahan minuman, makanan, pasir, tanah debu dan lainnya jangan sampai dibiarkan lama menempel pada kendaraan, segera bersihkan setiap terdapat kotoran yang kita lihat.


Segera bersihkan setiap terdapat kotoran yang dilihat


Begitupun pada bagian luar kendaraan yaitu meliputi body kendaraan, seperti habis terkena hujan atau sehabis melewati jalan yang berlumpur jangan sampai dibiarkan terlalu lama, apalagi sampai berhari-hari, segera bersihkan baik oleh sendiri atau dengan mendatangi Car Wash terdekat yang sudah anda percaya kualitasnya. Sebaiknya jika kotor, minimal bersihkan kendaraan sebelum akan kita gunakan kembali di hari berikutnya, agar terhindar dari pengerakan kotoran yang menempel pada kendaraan.


Mobil Terkena Hujan Atau Sehabis Melewati Jalan Berlumpur


B. Cuci Mobil dengan Cara yang Tepat



Lap secara perlahan


Bila ingin mencuci mobil sendiri, hal-hal yang harus diperhatikan adalah :



Gunakan Lap Yang Berbeda Untuk Setiap Bagian Kendaraan


1. Gunakan lap yang berbeda untuk setiap bagian kendaraan, sediakan sedikitnya 3 lap khusus yaitu untuk membersihkan, membilas dan mengeringkan kendaraan. Lap untuk bagian bawah, body dan dalam kendaraan pun harus di bedakan, hindari menggunakan hanya 1 atau 2 lap saja untuk membersihkan keseluruhan kendaraan dari mulai awal mencuci sampai mengeringkan.


Sebaiknya cuci kendaraan dengan air yang mengalir


2. Sebaiknya mencuci kendaraan menggunakan air yang mengalir (guyuran air baik menggunakan gayung/selang), jangan mencuci kendaraan hanya dengan menggunakan lap yang dibasahi untuk membersihkan kotoran pada body kendaraan, usapkan lap dengan cara sedikit menganggang/melayang perlahan ke bagian body kendaraan yang lebih kotor, jangan terlalu menekan dengan keras, karena hal tersebut bisa menyebabkan goresan halus pada cat kendaraan.


Jangan Biarkan Air dan Shampo Terlalu lama


3. Keringkan kendaraan sesegera mungkin dengan menggunakan lap khusus untuk mengeringkan dan untuk body kendaraan saja. Jangan biarkan sabun/shampo car wash dan air terlalu lama di kendaraan, karena hal tersebut bisa menyebabkan waterspot dan warna kendaraan akan lebih cepat terlihat kusam.


Hindari mencuci mobil dalam keadaan panas


4. Hindari mencuci mobil dalam keadaan panas baik terkena sorotan matahari langsung (disiang hari), maupun ketika kondisi mesin kendaraan masih panas (kendaraan baru saja digunakan). Sebaiknya mencuci mobil ditempat yang teduh dan kendaraan belum digunakan yaitu kendaraan dalam kondisi dingin.


C. Lakukan Perawatan Secara Teratur



Salon Mobil atau Auto Detailing


Selain mencuci mobil dengan teratur, hal lain yang juga penting dilakukan dalam perawatan kendaraan adalah detailing/salon. Lakukan setidaknya 2-3 bulan dan paling lama 6 bulan sekali untuk perawatan detailing atau salon ini, agar kendaraan kita selalu terlihat seperti baru dan terawat tentunya.


Itulah tips dan cara merawat mobil dari cara mencucinya yang bisa OTOABHE sajikan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua yang ingin kendaraannya selalu terlihat baru dan terawat. Nantikan tips & trik lainnya yang akan OTOABHE sajikan di pembahasan berikutnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top